5 Fungsi VPN Gratis Pada Jaringan Internet

Sahabat Akun VPN Gratis, di antara Anda mungkin masih belum begitu memahami fungsi dari VPN gratis yang selama ini Anda gunakan saat berinternet. Karena selama ini yang kita gunakan hanya menggunakannya saja tanpa mengetahui dengan detail dari fungsi VPN tersebut.

Nah, di artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang 5 fungsi VPN gratis pada jaringan internet yang belum Anda ketahui. Semoga informasi mengenai VPN gratis ini dapat menjadi acuan Anda ketika ingin memakai VPN tersebut.

VPN merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh sebuah komputer, baik PC desktop maupun smartphone yang berhubungan dengan keamanan dala melakukan akses data dan juga informasi melalui jaringan internet. VPN merupakan kependekan dari Virtual Private Network, yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia secara harafiah berarti jaringan pribadi virtual.

Maksud dari istilah ini adalah, user nantinya akan memiliki sebuah jaringan pribadi tersendiri untuk melakukan akses terhadap internet, akan tetapi jaringan pribadi tersebut dibuat secara virtual oleh fitur yang dimiliki oleh PC desktop ataupun program lainnya.

Baca Juga:
Cara Membuat Akun VPN Gratis Dijamin Works

Secara singkat, VPN dapat berarti merupakan suatu fitur di dalam sebuah komputer yang dapat memungkinkan anda dapat melakukan pengaksesan informasi di dalam internet secara aman. VPN merupakan salah satu fitur yang mendukung penggunaan internet safe, yaitu keamanan dalam melakukan browsing dan juga surfing, serta kegiatan lainnya yang menggunakan koneksi internet.

5 Fungsi VPN Gratis Pada Jaringan Internet
5 Fungsi VPN Gratis Pada Jaringan Internet

Fungsi dari VPN Gratis


1. Mengamankan transaksi anda ketika sedang terkoneksi dengan jaringan internet

Anda seorang pebisnis yang sering melakukan transaksi jutaan hingga miliaran per harinya melalui e-banking atau situs forex dan juga saham online? Kalau begitu, VPN sudah pasti merupakan salah satu fitur yang wajib untuk diaktifkan, apalagi ketika anda sedang berada di luar kota dan menggunakan akses internet public, seperti wifi dan juga warnet.

Pencurian data akan lebih mudah dilakukan apabila anda sering menggunakan sumber internet yang sifatnya public. Untuk menghindari hal ini, maka anda wajib menggunakan VPN untuk melakukan segala bentuk transaksi menggunakan internet. Jangan sampai nomor kartu kredit anda dibajak oleh orang tidak bertanggung jawab.

2. Dapat menutupi aktivitas browsing yang anda lakukan

Apakah anda merupakan orang yang membutuhkan privasi pada saat melakukan browsing? Ataukah anda membutuhkan privasi, karena konten yang anda gunakan di internet adalah sebuah konten yang sangat penting dan tidak ingin dilihat oleh orang lain?

Disinilah fungsi dari VPN sangat berguna bagi user. VPN dapat membantu untuk menutupi dan menyembunyikan aktivitas internet yang user lakukan. Jadi history dari apa yang sudah user browsing di internet tidak akan terdeteksi oleh orang lain, sehingga tidak perlu khawatir apabila nanti orang lain yang tidak bertanggung jawab akan mengetahui apa yang user kerjakan. Ini biasanya berkaitan dengan hak cipta.

3. Dapat mengakses website yang diblokir oleh host ataupun ISP

Pernah mengalami situs favorit diblokir oleh ISP ataupun host, seperti kantor ataupun Negara? Seperti facebook yang diblokir di beberapa Negara? Nah, untuk dapat mengatasi hal ini, maka anda bisa menggunakan VPN untuk membantu anda agar tetap dapat mengakses situs yang sidah diblokir sebelumnya.

Namun terkadang hal ini seringkali disalah gunakan oleh banyak orang, seperti bermain facebook pada saat jam kerja atau membuka situs-situs berbahaya, seperti situs p*rno, dan sebagainya. Fungsi ISP sendiri untuk memperluas jaringan kepada user, dengan cara mendukung penggunaan internet secara optimal, melakukan proteksi terhadap virus saat mengakses internet dan mengontrol speed akses internet pada user.

4. Mengakses konten dari situs yang mengalami sensor

Beberapa konten di internet juga terkadang megnalami penyensoran karena alasan tertentu. Biasanya yang melakukan penyensoran ini adalah host dan juga internet service provider. Namun bagi anda yang mungkin masih bandel dan tetap ingin mengakses situs yang memiliki konten yang diblokir, maka anda bisa mencoba menggunakan VPN.

Dengan melakukan browsing dan juga pengaksesan internet menggunakan VPN, maka anda dapat masuk ke dalam situs yang memiliki konten yang disensor, sehingga anda dapat menikmati dan melihat konten konten yang tidak diperlihatkan apabila anda menggunakan koneksi internet biasa.

Baca Juga:
Tips Mempercepat Koneksi Wifi Menggunakan CMD

5. Meningkatkan kecepatan download file dari internet

Terkadang VPN juga dapat berfungsi untuk meningkatkan speed atau kecepatan internet. Salah satunya adalah dalam hal melakukan proses downloading file atau dokumen dari internet. Beberapa file yang ada di internet terkadang memiliki ukuran yang sangat besar. Untuk mengatasi hal ini, maka kita bisa menggunakan VPN untuk membantu meningkatkan kecapatan download.

Hal ini dikarenakan ketika menggunakan VPN, maka user seperti menggunakan jaringan pribadi, yang mana sedikit digunakan oleh orang lain, sehingga kecepatan menjadi bertambah. Selain itu, dengan menggunakan VPN, maka user juga bisa terkoneksi langsung dengan arus data yang mengalir di internet, yang dapat meningkatkan kecepatan download.

Demikian informasi tentang 5 fungsi VPN gratis yang bisa Anda gunakan saat menggunakan jaringan internet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua ;)
0 Komentar untuk "5 Fungsi VPN Gratis Pada Jaringan Internet"

Back To Top